humas@ukrim.ac.id (0274) 496256

Workshop bersama Engineers Without Borders Germany

Beranda >Berita >Workshop bersama Engineers Without Borders Germany

Pusat Studi Energi Terbarukan (PSET) UKRIM mengadakan workshop daring untuk dosen dan mahasiswa UKRIM bersama Engineers Without Borders (EWB) Germany sebagai pemateri. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 29 Juni 2020 untuk para dosen dari berbagai program studi di UKRIM dan Selasa, 30 Juni sampai Sabtu, 4 Juli 2020 untuk mahasiswa. Kegiatan workshop daring ini merupakan langkah awal dalam merealisasikan kerjasama UKRIM dan EWB Germany yang telah disepakati sejak setahun lalu.

Kepada para dosen, tim EWB memperkenalkan program kerjasama bersama kampus UKRIM yaitu Establishing Energy Education. Maksud program ini adalah memberikan pengetahuan dan pelatihan khusus terkait energi terbarukan kepada mahasiswa UKRIM. Mahasiswa UKRIM berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia, namun memiliki permasalahan energi yang hampir serupa yaitu keterbatasan listrik atau sistem pembangkit listrik tenaga energi terbarukan yang terbengkalai. Melalui program ini, mahasiswa akan diberi pelatihan terkait sumber energi terbarukan sehingga saat pulang ke kampung halaman, diharapkan mereka dapat berkontribusi menjadi problem solver di daerah asal mereka, bahkan mampu membangun usaha di bidang energi terbarukan untuk membantu kehidupan mereka. Program ini akan bergerak bersama PSET UKRIM yang saat ini dikepalai oleh Bapak Daniel Pianka, Dipl-Ing., dosen tamu asal Jerman untuk program studi Fisika. Tim EWB menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan EWB bersama PSET UKRIM kedepan tidak hanya menyasar pada mahasiswa Fisika saja, melainkan seluruh mahasiswa UKRIM yang ingin belajar professional work-skill untuk membuat proyek yang menarik. Oleh sebab itu, EWB dan tim PSET UKRIM membutuhkan dukungan dari semua pihak di UKRIM.

Untuk mahasiswa, kegiatan workshop diisi layaknya kuliah daring sekaligus praktiknya. Kegiatan berlangsung selama 5 hari berisi pemaparan materi, praktik penggunaan alat, pemecahan masalah teoritis, tanya jawab, dan ditutup dengan membuat solar lamp (lampu tenaga matahari) dihari terakhir. Kegiatan workshop dibagi menjadi 2 sesi, pagi dan sore. Sesi pagi dilakukan secara langsung di kampus UKRIM dengan menerapkan protokol kesehatan sambil diawasi oleh petugas gugus COVID-19 UKRIM, sesi ini berisi praktik dan latihan penggunaan alat oleh tim PSET dan beberapa dosen Fisika. Sesi sore diisi oleh tim EWB dari Jerman secara daring, sesi ini berisi pemaparan materi terkait energi terbarukan dan memperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk melakukan proyek. Kegiatan ini dilakukan bukan tanpa tujuan melainkan untuk mempersiapkan mahasiswa pada kedatangan tim EWB Germany bersama perwakilan kedutaan Jerman.

Para dosen dan mahasiswa sangat senang dan antusias selama workshop berlangsung. Hampir seluruh dosen UKRIM mengikuti pertemuan daring ini. Banyak pertanyaan-pertanyaan diajukan yang diakui oleh tim EWB merupakan pertanyaan yang sangat bagus. Mahasiswa juga mengaku tidak sabar menunggu kedatangan tim EWB dari Jerman untuk memberikan pelatihan kepada mereka secara langsung. “Kami sangat berterima kasih kepada tim EWB yang tidak hanya berbagi ilmu dikesempatan ini, melainkan juga berbagi kasih kepada kami di UKRIM. Hal itu sangat berarti bagi kami” ungkap salah satu dosen Fisika sekaligus pengurus PSET UKRIM, Ibu Emerita Setyowati, M.Sc saat menutup pertemuan daring bersama tim EWB.

Kegiatan Mendatang

24 Agt