humas@ukrimuniversity.ac.id (0274) 496256

Seminar Internasional Kolaborasi UKRIM dan TH Ulm, Jerman.

Beranda >Berita >Seminar Internasional Kolaborasi UKRIM dan TH Ulm, Jerman.

Foto bersama panitia penyelenggara dari UKRIM dan tim TH Ulm.

Yogyakarta – Melalui kolaborasi antara Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) dan Technische Hochschule Ulm (TH Ulm) dari Jerman, diadakan Seminar Internasional “Fostering Renewable Energy Progress through Global Synergy” pada tanggal 22 November 2023. Acara tersebut bertujuan untuk membangun kolaborasi, berbagi pengalaman, dan memajukan inisiatif energi terbarukan antara kedua institusi.

Diketuai oleh Sunneng Sandino Berutu, S.Si., M.Kom., Ph.D., seminar ini menghadirkan pembicara-pembicara terkemuka antara lain Dipl.-WiWi. Manuela McCulloch, Peneliti Senior Ekonomi Energi di TH Ulm, yang membahas tentang "Drivers for Success in the Development of Renewable Energies in Germany." Prof Dr Dietmar Graeber, seorang Profesor Ekonomi Energi terkenal di TH Ulm, membahas "Renewable Energy Support Schemes in Germany and Europe." Prof Dr Christina Schmitt, pembicara lain dari TH Ulm, berbagi wawasan tentang "Engineers without Borders – UKRIM Project" Tim UKRIM yang diwakili oleh Dipl.-Ing Daniel Pianka, Emerita Setyowati, S.Si., M.Si., dan Anita Yuan, S.Si., M.Eng., membahas "UKRIM's Commitment to Advancing Renewable Energy through Academic and Community Development Initiatives."

Selain itu, juga hadir Stephanie Wagner - beliau adalah Kepala Kantor Internasional TH Ulm yang datang bersama para narasumber untuk mempersiapkan perjanjian kemitraan antara UKRIM dan TH Ulm.

Seminar ini menarik peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, dosen, praktisi, hingga wirausaha. Turut hadir CEO PT. Tripower Solar Nusantara (Sonus), Laurentius Salvani Tedi Wintoko dan tim. Sonus merupakan salah satu perusahaan asal Yogyakarta yang bergerak di bidang Biomassa dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan merupakan salah satu rekan industri UKRIM. Sonus memberi peran yang penting melalui kolaborasi dengan UKRIM dalam penyelenggaraan acara seminar.

Seminar ini merupakan implementasi pertama dari kerjasama antara Universitas Kristen Immanuel dan  Technische Hochschule Ulm (TH Ulm), Jerman dalam bidang energi terbarukan. Selanjutnya melalui kerjasama ini, kedua universitas akan saling berperan untuk mengembangkan pendidikan, penelitian dan transfer ilmu pengetahuan. Selain itu juga membuka peluang pertukaran mahasiswa, dosen, dan peneliti antara UKRIM di Indonesia dan TH Ulm di Jerman.

Upaya kolaboratif ini tidak hanya memperkuat hubungan internasional tetapi juga menumbuhkan komitmen bersama untuk memajukan energi terbarukan dalam skala global. Kehadiran PT. Tripower Solar Nusantara menggarisbawahi penerapan praktis dan relevansi industri dari inisiatif akademis tersebut.

Foto Kepala Kantor Internasional TH Ulm (kiri) dan Rektor UKRIM (kanan) setelah penandatanganan MoU kerjasama UKRIM dan TH Ulm.

Kegiatan Mendatang