humas@ukrimuniversity.ac.id (0274) 496256

UKRIM Menerima Bantuan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Beranda >Berita >UKRIM Menerima Bantuan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Yogyakarta – Fakultas Sains dan Komputer (FISKOM) Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) yang terdiri dari Program Studi Fisika dan Informatika menjadi penerima Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2021. Hal ini diumumkan pada tanggal 15 April 2021 melalui laman resmi http://dikti.kemdikbud.go.id/.

Tim pelaksana hibah ini dari prodi Fisika adalah Bapak Surjawirawan Dwiputranto, M.Si bertindak sebagai ketua tim, Bapak Caesnan Marendra G.L., M.Sc., Ibu Emerita Setyowati, M.Sc. dan Bapak Liefson Jacobus, M.Sc. Adapun tim dari prodi informatika terdiri dari Ibu Haeni Budiati, S.Si., M.Kom. sebagai ketua tim, Bapak Antonius Bima Murtiwijaya, M.T., Ibu Febe Maedjaja, M.Sc., Ibu Brigida Arie M., M.Kom., dan Bapak Gogor C. Setyawan, M.Cs.

UKRIM menjadi satu dari 187 Perguruan Tinggi di Indonesia yang mendapat bantuan program untuk mengembangkan kurikulum sesuai kebijakan MBKM dan mengimplementasikan program MBKM.

Program MBKM merupakan program kebijakan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. Konsep Merdeka Belajar ala Nadiem Makarim ini mendorong terciptanya suasana belajar yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu. Nantinya sistem pengajaran juga akan diarahkan dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas dan menjadikan diskusi antar murid dan guru lebih intens.

Poin penting dari program ini adalah mahasiswa nantinya dapat belajar dari perguruan tinggi maupun mitra kerja sama program studi sesuai dengan passion mereka, dan pembelajaran di luar prodi ini akan diperhitungkan sebagai satuan kredit semester yang sebelumnya hanya didapatkan dari belajar di dalam prodi selama maksimum tiga semester.

Melalui program MBKM ini, diharapkan mahasiswa UKRIM dapat memaksimalkan potensi dirinya, mendapatkan kompetensi tambahan melalui kegiatan belajar dan pengalaman yang diperoleh dari dalam prodi maupun luar prodi, seperti yang tertuang pada “Panduan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM Tahun 2021” dan bagi perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas tri dharma dan kualitas kerjasama dengan mitra kerjasama yang gayut dan berkesesuaian.

Kegiatan Mendatang