humas@ukrimuniversity.ac.id (0274) 496256

Wisuda UKRIM ke-32

Beranda >Berita >Wisuda UKRIM ke-32

Yogyakarta - Universitas Kristen Immanuel telah menggelar prosesi Wisuda ke-32 tahun 2020 secara daring pada Sabtu, 10 Oktober 2020. Acara diadakan di Gedung Kapel Dr. Chris Marantika dengan jumlah peserta terbatas. Total peserta wisuda pada tahun 2020 ini berjumlah 182 orang, yang terdiri dari 14 orang dari program studi Pendidikan Agama Kristen, 22 orang dari Musik Gerejawi, 7 orang dari Teologi Konseling Kristen, 55 orang dari Manajemen, 6 orang dari program D3 Akuntansi, 23 orang dari Teknik Sipil, 45 orang dari Informatika, 6 orang dari Fisika, dan 4 orang dari program Magister Pendidikan Agama Kristen. Dari 182 wisudawan, gelar lulusan terbaik Universitas tahun ini dipegang oleh Gracella Ovellya Saselah,S.M dari prodi Manajemen dengan Indeks Prestasi Kumulatif 4,00. Selain itu, terdapat lulusan-lulusan terbaik dari program studi masing-masing dengan prestasi yang membanggakan.

Prosesi wisuda pada tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada kehadiran orang tua atau sanak saudara untuk mendampingi wisudawan/wisudawati secara langsung. Orang tua atau kerabat mengikuti acara wisuda melalui Live Streaming yang ditayangkan di Youtube Channel Universitas Krsiten Immanuel. Pemindahan kucir juga dilakukan secara mandiri sesuai arahan Rektor, dan pemberian cinderamata dilakukan di tempat dan waktu terpisah demi mempersingkat durasi. Semua pihak yang terlibat langsung dalam acara baik dewan dosen, para wisudawan, serta crew acara yang bertugas wajib mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki ruangan, mereka juga wajib menggunakan perlengkapan sarung tangan, face shield, masker, dan menerapkan social distancing selama acara berlangsung.

Sekalipun diadakan dengan tata cara dan suasana yang baru, namun kekhidmatan acara itu sendiri tidak berkurang. Ucapan selamat, pesan, dan doa yang terbaik disampaikan kepada para wisudawan sebagai bekal mereka menghadapi dunia kerja.

“Walau upacara kelulusan yang berbeda dan keadaan yang sulit saat ini, namun kita harus tetap berani berkreatifitas, tetap mempertahankan integritas di tengah-tengah kesulitan, jangan sampai saudara meninggalkan citra anak muda terdidik” Begitu lah pesan Rektor UKRIM, Dr. Setyaadi, M.Pd.K saat menutup sambutannya.

“Kegembiraan dan sukacita tentu tidak dapat diekspresikan sebagaimana yang diharapkan sebelumnya sebagai dampak pandemic Covid-19, namun kita harus menghadapi pandemi ini dengan mengelaborasikan iman dan ilmu pengetahuan yang kita miliki sehingga kita dapat menjadi bagian dari solusi” ucap Pdt. Dr. Elim Simamora, M.Th, Sekretaris Umum Yayasan Iman Indonesia dalam sambutannya mewakili Ketua Yayasan. Lanjutnya secara daring, beliau juga berpesan kepada para cendikiawan muda untuk menjadi cendikiawan yang beriman dan berilmu dengan mengutip dan menghidupkan nasihat pendiri UKRIM dan STTII Bapak Chris Marantika, penuhilah bumi, peliharalah bumi, jadilah berkat, dan kerjakanlah amanat agung.

Ucapan selamat kepada wisudawan/wisudawati UKRIM juga diberikan oleh Ketua LLDIKTI Wilayah V, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Ak., CA dalam sambutannya secara daring, menutup serangkaian acara sambutan.

Bukan hal yang mudah untuk menyelenggarakan acara ini. Acara yang awalnya akan diselenggarakan 26 September 2020 mengalami tarik ulur, timbang menimbang banyak hal sampai dibuatlah suatu keputusan untuk menyelenggarakan wisuda secara daring. Berkat kerja keras panitia bekerja sama dengan panitia gugus Covid-19 UKRIM, Kapanewon daerah Kalasan, dan semua pihak yang terlibat maka acara ini dapat terwujud dan terlaksana dengan lancar sampai selesai. Terselenggaranya acara ini juga memberi kebahagiaan kepada para wisudawan karena tetap dapat merayakan hari kelulusan di tengah pandemik Covid-19. 

 

Kegiatan Mendatang